Minggu, 19 Desember 2010

Bias Pelangi Belantara

     Dulu sempat ada asumsi, Kalimantan terkenal belantaranya. Belantara yang asri yang sulit dirambah, onak duri menjadi trotoar tempo dulu. Hanya fauna & flora yang menjadi warga habitat hijau itu. Orang utan menjadi primadona di jagat itu, sementara ular pyton menjadi pertapa sejati di relung semak yang didekorasi oleh berbagai bentuk dedaunan.
      tapi itu hanya asumsi Bro!!, Setelah telapak kaki kita meng"KLIK" tanah liat Kalimantan, dan kornea mata kita menyapa langsung bait "Borneo", maka indra perasa ini langsung merajut syaraf dan menjalin sebuah makna yang meretas asumsi awal tadi.
     Borneo, khususnya Kalimantan imur, ternyata tidak seperti asumsi prematur tadi. Setelah Saya tinggal, bekerja dan berkeluarga di pulau ini, Borneo menyimpan potensi yang besar baik dari sumber daya manusianya maupun kelimpahan hasil almnya.
     Saya pernah bertugas keliling, mangajar di palatihan di anjung Selor, SDN 039 Samarinda, SMPN 2 Samarinda, SMPN 1 Sungai Nyamuk, SMPN 2 Sebatik, Nunukan dan akhirnya berlabuh kembali di SMAN 1 Anggana. Dari sinilah Saya  berkonklusi bahwa potensi putra-putri kita di Kalimantan sagat besar. Meski semua ini tergantung pada kebijakan Bapak-apak kita pemegang kebijakan.

Tidak ada komentar: